Sabtu, 28 Desember 2019

RISC dan Pipelining

RISC (Reduced Instruction Set Computer)
Rancangan arsitektur CPU yang mengambil dasar filosofi bahwa prosesor dibuat dengan arsitektur yang tidak rumit dengan membatasi jumlah instruksi hanya pada instruksi dasar yanag deiperlukan saja. kata "reduced", berarti pengurangan pada set instruksinya. rancangan ini berawala dari pertimbangan - pertimbangan dan analisa model perancangan lain yang kompleks, sehingga harus ada pengurangan set instruksinya.

Perkembangan RISC 
1. 1980 oleh Jhon Cocke di IBM dengan menghasilkan minikomputer eksperimental 801.
2. 1980 kelompok Barkeley yang dipimpin David Patterson mulai meneliti rancangan RISC menghasilkan RISC-1 dan RISC-2
3. 1981 Jhon Hennessy dari Standford merancangan RISC walau agak berbeda dengan nama MIPS

Karakteristik RISC
1. Siklus Instruksi
2. Operasi Pertukaran Data
3. Mode Pengalamatan
4. Format Instruksi

Siklus Instruksi
1. Satu instruksi per siklus mesin
2. siklus mesin ditentukan oleh waktu yang digunakan untuk mengambil dua buah operand dari register, melakukan operasi ALU., dan menyimpan hasil operasinya ke dalam register.
3. RISC adalah rancangan prosesor yang sederhana, tetapi dalam kesederhanaan tersebut didapatkan kecepatan operasi tiap-tiap siklus instruksinya.
4. instruksi dibatasi hanya menyediakan instruksi dasar saja
5. fungsi-fungsi yang kompleks akan diterjemahkan dalam operasi instruksi-instruksi dasar

Ringkasan Rancangan RISC 
1. Instruksi berukuran tunggal
2. ukuran instruksi umumnya 4byte
3. jumlah mode pengalamatan data sedikit, biasanya kurang dari lima macam. tidak mengenal pengalamatan tak langsung.
4. tidak terdapat operasi yang menggabungkan operasi ambil data dan simpan data dengan operasi-operasi aritmetika
5.tidak terdapat lebih dari satu operand beralamat memori perinstruksi
6. jumlah maksimum pamakaian memory menegement unit (MMU) bagi suatu alamat data adalah satu instruksi
7. jumlah bit bagi integer-integer specifier sama dengan lima atau lebih. ini berarti sedikitnya 32 buah register integer dapat direferensikan sekaligus secara eksplisit
8. jumlah bit bagi floating point register specifier sama dengan empat atau lebih, sehingga sedikitnya 16 buah register floating point dapat direferensikan bersama secara eksplisit


Operasi Tanpa Pepelining

Operasi Pepelining 2 Arah


Operasi Pepelining 3 Arah


Pipelining
1. pepilining akan lebih mudah diimplementasikan bila set instruksi sederhana dan teratur
2. kebanyakan racancangan komputer memiliki panjang set instruksi yang sama sehingga tidak ada masalah dalam hal ini
3. hal yang perlu diperhatikan adalah durasi antar set instruksi, karena tidak semua operasi memiliki waktu operasi yang sama
4. operasi perpindahan data antar register lebih cepat dari pada akses ke memori utama
5. keteraturan dan durasi akan sulit diantisipasi bila set instruksi beragam, ada yang sederhana dan ada yang kompleks seperti rancangan RISC
6. karena pertimbangan inilah RISC lebih mudah menerapkan pipelining untuk meningkatkan kinerjanya
7. instruksi-instruksi RISC dibuat sederhana sehingga hampir durasi eksekusi instruksi sama sehingga akan mudah melakukan penjadwalan operasi pada teknik pipelining-nya
8. disamping keteraturan instruksi, untuk memperoleh pipelining yang optimal harus dipertimbangkan kecepatan kerja komponen-komponen  komputer, penjadwalan instruksi yang tepat dan alokasi register yang dinamis.

Daftar Pustaka :





Arsitektur Familiy IBM PC


IBM (International Business Machines) merupakan sebuah perusahaan hardware yang mengembangkan software – software yang sudah ada seperti UNIX dan WINDOWS. Oleh karena itu IBM sendiri merupakan sebuah perusahaan bukan system operasi, hanya saja IBM mencoba mengembangkan OS yang telah ada seperti OS dari UNIX dan LINUX.IBM PC adalah sebutan untuk keluarga komputer pribadi buatan IBM. IBM PC diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, dan "dipensiunkan" pada tanggal 2 April 1987. Sejak diluncurkan oleh IBM, IBM PC memiliki beberapa keluarga, yakni :

a.       IBM 4860 PCjr
b.      IBM 5140 Convertible Personal Computer (laptop)
c.       IBM 5150 Personal Computer (PC yang asli)
d.      IBM 5155 Portable PC (sebenarnya merupakan PC XT yang portabel)
e.       IBM 5160 Personal Computer/eXtended Technology
f.       IBM 5162 Personal Computer/eXtended Technology Model 286 (sebenarnya merupakan PC AT)
g.      IBM 5170 Personal Computer/Advanced Technology



      Konfigurasi Mikrokomputer dasar

Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input. Memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).Menurut buku komputer organization (V.C Hamacher Z.G. Vranesic S.G. Zaky).Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.Menurut buku introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M. Fuori).Komputer adalah suatu alat pemproses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmetika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemprosesan (definisi ini diambilkan dari American National Standar Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan Internasional Organization For Standardization Tehnical Commite).Menurut buku Introduction to Computers (gordon B. Davis) :Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.Dari beberapa definisi yang tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :
1.Alat elektronik
2.Dapat menerima input data
3.Dapat mengolah data
4.Dapat memberikan informasi
5.Menggunakan suatu program di memori komputer (stored program).
6.Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7.Bekerja secara otomatis

            Berdasarkan UkurannyaBerdasarkan ukurannya, komputer digolongkan ke dalam micro computer (komputer mikro), mini computer (komputer mini), small computer (komputer kecil), medium computer (komputer menengah), large computer (komputer besar) dan super computer (komputer super). Micro ComputerMicro Computer (Mikro Komputer) disebut juga dengan nama personal computer (komputer personal) . ukuran main memory komputer mikro sekarang berkisar dari 16 MB sampai lebih dari 128 MB, dengan konfigurasi operand register 8 bit, 16 bit, atau 32 bit. Kecepatan komputer mikro sekarang berkisar 200 Mhz sampai dengan 500 Mhz.Komputer mikro umumnya adalah single-user (pemakainya tunggal), yaitu satu komputer hanya dapat digunakan untuk satu pemakai saja untuk tiap saat.
  
  1. Chipset adalah set dari chip yang mendukung kompatibel yang mengimplementasikan berbagai fungsi tertentu seperti pengontrol interupt, pengontrol bus dan timer.
   2. Chip khusus yang di sebut koprosesor yang beroperasi bersama dengan CPU guna meningkatkan fungsionalitasnya


  Komponen IBM PC

1.      Sistem Kontrol BUS : Pengontrol BUS, Buffer Data, dan Latches Alamat
2.      Sistem Kontrol Interrupt : Pengontrol Interrupt
3.      Sistem Kontrol RAM dan ROM : Chip RAM dan ROM, Decoder Alamat, dan Buffer
4.      Sistem Kontrol DMA : Pengontrol DMA
5.      Sistem Kontrol I/O : Interface Paralel Programmable

Daftar Pustaka :

Unit I/O

Input / output (I/O)

Berfungsi : memindahkan informasi antara CPU atau memori dengan dunia luar

STRUKTUR I/O :
I/O terdiri : 
• Piranti l/O (peripheral) 
• Pengendali I/O (device controller)
• Perangkat lunak 

1. Perangkat I/O 

Dapat dibagi secara umum menjadi dua kategori, yaitu: perangkat blok (block devices), dan perangkat karakter (character devices). Perangkat blok menyimpan informasi dalam sebuah blok yang ukurannya tertentu, dan memiliki alamat masing-masing. Umumnya blok berukuran antara 512 bytes sampai 32.768 bytes. Keuntungan dari perangkat blok ini ialah mampu membaca atau menulis setiap blok secara independen. Disk merupakan contoh perangkat blok yang paling banyak digunakan. Tipe lain perangkat I/O ialah perangkat karakter. Perangkat karakter mengirim atau menerima sebarisan karakter, tanpa menghiraukan struktur blok. Tipe ini tidak memiliki alamat, dan tidak memiliki kemampuan mencari (seek). Printer dan antarmuka jaringan merupakan contoh perangkat jenis ini. Beberapa perangkat tidak memenuhi kriteria tersebut. Contohnya: clock yang tidak memiliki alamat dan juga tidak mengirim dan menerima barisan karakter. Yang ia lakukan hanya menimbulkan interupsi dalam jangka waktu tertentu.

2. Klarifikasi Piranti I/O 
Klasifikasi piranti I/O terdiri 3 kelompok:
• Kelompok yang memasukkan informasi (input), contoh : keyboard, ADC (analog to digital converter), scanner
• Kelompok yang menampilkan informasi (output), contoh : VDU/Video Display Unit (monitor), printer.
• Kelompok yang melayani input dan output, contoh : Floppy disk, harddisk.

3. Pengaksesan I/O 

A. Memory mapped I/O 
Piranti I/O dihubungkan sebagai lokasi memori virtual dimana port I/O tergantung memori utama Karakteristik:
• Port I/O dihubungkan ke bus alamat.
• Piranti input sebagai bagian memori yang memberikan data ke bus data. Piranti output sebagai bagian memori yang memiliki data yang tersimpan di dalamnya.
• Port I/O menempati lokasi tertentu pada ruang alamat dan diakses seolah-olah adalah lokasi memori.

B. I/O mapped I/O (I/O isolated) 
      Piranti I/O dihubungkan sebagai lokasi terpisah dengan lokasi memori, dimana port I/O tidak tergantung pada memori utama. Karakteristik:
• Port I/O tidak tergantung memori utama.
• Transfer informasi dilakukan di bawah kendali sinyal kontrol yang menggunakan instruksi INPUT dan OUTPUT.
• Operasi I/O tergantung sinyal kendali dari CPU.
• lnstruksi I/O mengaktifkan baris kendali read/write pada port I/O, sedangkan instruksi memori akan mengaktifkan baris kendali read/write pada memori.
• Ruang memori dan ruang alamat I/O menyatu, sehingga dapat memiliki alamat yang sama

4. Operasi I/O

A. I/O terprogram
Metode di mana CPU mengendalikan operasi I/O secarakeseluruhan dengan menjalankan serangkaian instruksi I/O dengan sebuah program.
Karakteristik:
• Program tersebut digunakan untuk memulai, mengarahkan dan menghentikan operasi-operasi I/O.
• Membutuhkan sejumlah perangkat keras (register) yaitu: – Register status, berisi status piranti I/O dan data yang akan dikirimkan. – Register buffer, menyimpan data sementara sampai CPU siap menerimanya. – Pointer buffer, menunjuk ke lokasi memori di mana sebuah karakter harus ditulis atau dan mana karakter tersebut harus dibaca. – Counter data, tempat penyimpanan jumlah karakter dan akan berkurang nilainya jika karakter ditransfer.
• Membutuhan waktu proses yang lama dan tidak efesien dalarn pemanfaatan CPU.

B. /O interupsi
Metode di mana CPU akan bereaksi ketika suatu piranti mengeluarkan permintaan untuk pelayanan.
Karakteristik:
• Lebih efisien dalam pemanfaatan CPU, karena tidaknharus menguji status dari piranti.
• Interupsi dapat berasal dari piranti I/O, interupsi perangkat keras misalnya : timer, memori, power supply, dan Interupsi perangkat lunak misalnya : overflow, opcode / data yang ilegal, pembagian dengan nol

C. Direct Memory Access (DMA)
Metode transfer data secara langsung antara memori dengan piranti tanpa pengawasan dan pengendalian CPU.
• Skema transfer blok DMA dual port CPU dan DMA controller mengakses memori utama melalui MAR dan MBR dengan menggunakan sebuah memori utama dual port (2 port).

Port I ----> melayani CPU

Port II ---> melayani DMA controller

• Skema transfer blok DMA cycle stealing (pencurian siklus) Hanya memerlukan sebuah memori port tunggal di mana CPU dan piranti I/O beradu cepat pada basis asinkron, prioritas utama akan diberikan pada piranti I/O


Daftar Pustaka :

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Unit%20I-O%20Sistem%20Mikroprosesor.pdf
http://ega.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/35325/MINGGU+8+Pemrosesan+Input+output+%28osk%29+pert+8.pdf
http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/9A-DESIGN_SISTEM_INPUT-output.ppt






Central Processing Unit (CPU)

CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit adalah komponen keras atau perangkat hardware pemroses data utama dalam sebuah komputer. CPU dapat disebut sebagai otak komputer karena CPU mengatur semua aktifitas dan jalannya semua program termasuk aplikasi atau software di dalamnya.

Arsitektur dasar mesin tipe von neumann menjadi kerangka referensi pada komputer digital umum (general-purpose) modern. 3 bagian fundamental tersebut adalah: Sebuah mesin tipe Von Neuman :


Program disimpan dalam unit memori utama yang berhadapan dengan piranti I/O melalui CPU. CPU membaca dari atau menulis ke memori, dengan mengirimkan alamat word ke unit memori melalui bus address kemudian menerima atau mengirimkan data melalui bus data. Data dipertukarkan antara CPU dan Unit I/O juga dengan menggunakan bus data. Operasi disinkronisasikan oleh dua bus control dengan sinyal kendali yang dikirimkan oleh CPU dan sinyal acknowledgment serta sinyal interupsi yang diterima oleh CPU.

Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut.

1. BUS
Jalur koumunikasi yang menghubungkan beberapa device, biasanya menggunakan cara croadcast seringkali dikelompokan :
• satu bus berisi sejumlah kanal (jalur)
• cantoh bus data 32-bit berisi 32 jalur

- Address Bus
menentukan asal atau tujuan dari data, misalakan CPU perlu memebca instruksi (data) dari memeori pada lokasi tertentu. lebar jalur menentukan kapasitas memori maksimum dari sistem.


2. Unit kontrol
Yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU.CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah: 
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama 
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. 
• Menyimpan hasil proses ke memori utama. 

3. Register
Register merupakan alat penyimpanan berukuran relatif kecil namun memiliki kecepatan akses cukup tinggi dengan fungsi untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat sedang di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.

4. Aritmathic Logic Unit
Aritmathic Logic Unit atau dapat disingkat dengan ALU merupakan bagian dari CPU yang memiliki tugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut juga sebagai mesin bahasa karena ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

5. Memori
Biasa disebut dengan istilah : computer storage, computer memory. memory merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. memori merupakan bagian terpenting dalam komputer dan letaknya di dalam CPU(Central Processing Unit). memori berfungsi sebagai perangkat pengolah data atau instruksi. semakin besar memori yang disediakn, semakin banyak data maupun instruksi yang dapat mengolahnya. \


Daftar Pustaka  :

http://intan_meutia.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/52206/Central+Processing+Unit.pdf
http://dessy_wap.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/37668/Minggu+9+-+CPU.pdf



RISC dan Pipelining

RISC (Reduced Instruction Set Computer) Rancangan arsitektur CPU yang mengambil dasar filosofi bahwa prosesor dibuat dengan arsitektur yang...